Rapat Sosialisasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) Dan Launching Sistem Informasi Nomor Kontrol Veteriner (SINKV) Tahun 2018

Rabu, 06 Juni 2018



Rapat Sosialisasi Nomor Kontrol Veteriner (NKV) dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2018 di Ruang Rapat Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali Jl. WR. Supratman No. 71 Denpasar yang dihadiri oleh Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Kasubdit Higiene-Sanitasi Drh. Ira Firgorita dan dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Provinsi Bali. Kegiatan ini diikuti oleh Dinas Kabupaten/Kota yang menangani fungsi Kesehatan Masyarakat Veteriner dan perwakilan unit-unit usaha yang bergerak dalam usaha pangan asal hewan.



Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah a). Meningkatkan wawasan dan pengetahuan para petugas kabupaten/kota serta pelaku usaha pangan asal hewan tentang Nomor Kontrol Veteriner (NKV), dan b). Meningkatkan jumlah unit usaha pangan asal hewan yang telah memiliki Nomor Kontrol Veteriner (NKV). Sampai dengan akhir tahun 2017, unit usaha pangan asal hewan di Provinsi Bali yang memiliki NKV sebanyak 58 unit usaha. Jumlah tersebut perlu terus ditingkatkan agar tingkat keamanan pangan asal hewan semakin meningkat pula.  Dan untuk melakukan penerbitan NKV merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, dalam hal ini melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali.



Di saat yang bersamaan, diperkenalkan (launching) pula Sistem Informasi Nomor Kontrol Veteriner (SI NKV) yang digagas sebagai media penghubung antara Dinas dan pelaku usaha pangan asal hewan sehingga mempermudah penyebaran informasi. Sistem ini berbasis web atau on-line sehingga bisa digunakan oleh semua pihak yang berkepentingan dari mana saja. Diharapkan dengan adanya Sistem Informasi Nomor Kontrol Veteriner (SI NKV) bisa dimanfaatkan oleh semua stake holder terkait.