Pelaksanaan Refresher Petugas Vaksinasi Rabies Se-Provinsi Bali Serta Petugas Data Encorder Tahun 2019

Sabtu, 16 Maret 2019

PELAKSANAAN REFRESHER PETUGAS VAKSINASI RABIES SE-PROVINSI BALI SERTA PETUGAS DATA ENCORDER TAHUN 2019


Dalam kesempatan yang sama selain pelaksanaan Pencanangan vaksinasi Rabies, pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali juga dilaksanakan kegiatan refresher / pelatihan bagi para petugas vaksinasi Rabies Se-Provinsi Bali (Tim Vaksinasi Reguler, A-Team dan Dog Catcher) serta petugas Data Encorder dan iSIKHNAS Tahun 2019 guna mendukung akselerasi pengendalian dan pemberantasan penyakit Rabies dari Pulau Bali. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 11 Maret s/d 16 Maret 2019 yang bertempat di Hotel Grand Inna Bali Beach, Jl. Hang Tuah Sanur Denpasar.


Kegiatan refresher ini di bagi menjadi 2 gelombang, gelombang ke I di mulai tanggal 11-13 Maret 2019 dengan peserta dari 4 kabupaten (Badung, Buleleng, Gianyar dan Klungkung), dan gelombang ke II dilaksanakan tanggal 14 -16 Maret 2019 dengan peserta yang berasal dari 4 Kabupaten dan 1 Kota Madya (Karangasem, Jembrana, Tabanan, Bangli dan Kota Denpasar). 

Kegiatan pelatihan gelombang I diikuti oleh 262 orang petugas vaksinasi yang tergabung dalam 56 TIM (32 A-team dan 24 Tim vaksinasi Reguler). Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali yang didampingi perwakilan dari Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan serta perwakilan FAO EC-TAD Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan pelatihan terbagi atas dua sesi. Sesi pertama berupa pemberian materi di kelas guna meningkatkan kapasitas teknis petugas vaksinasi rabies. Dalam sesi pertama juga diberikan pemahaman mengenai tata cara dan teknik vaksinasi, manajemen cold chain (rantai Dingin) handling, restrain dan catching anjing, manajemen respon cepat kasus Rabies serta sistem pelaporan data. Sedangkan sesi kedua dilakukan dengan praktek langsung ke lapangan melalui kegiatan vaksinasi. Teori yang sebelumnya di dapat dikelas akan diterapkan langsung dilapangan. Kegiatan lapangan menyasar daerah-daerah kasus / Zona Merah di Kabupaten Gianyar yaitu : Desa Batu Bulan dan Desa Ketewel yang terletak di Kecamatan Sukawati.


Melalui kegiatan pelatihan ini diharapkan petugas vaksinasi mampu dalam melakukan vaksinasi dengan baik, benar dan tepat sasaran Selain itu agar petugas vaksinasi juga memiliki tanggung jawab yang besar guna membebaskan Bali dari penyakit Rabies.