PENCANANGAN VAKSINASI RABIES MASSAL SE-PROVINSI BALI TAHUN 2019

Jumat, 15 Maret 2019

PENCANANGAN VAKSINASI RABIES MASSAL SE-PROVINSI BALI TAHUN 2019



Dalam rangka mempercepat pencapaian target pemberantasan penyakit rabies di Bali, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI bersama Dinas Pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali melaksanakan kegiatan pencanangan vaksinasi Rabies massal Se-Provinsi Bali Tahun 2019. Kegiatan pencanangan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2019 di Hotel Grand Inna Bali Beach, Jl. Hang Tuah Sanur Denpasar yang dihadiri oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Direktur Kesehatan Hewan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Dinas yang menangani Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala Balai Karantina Kelas I Denpasar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali, Kepala Balai Besar Veteriner Denpasar, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Bali, Dekan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, Perwakilan FAO EC-TAD Indonesia, Petugas Data Encoder dan iSIKHNAS Se-Provinsi Bali, Tim Vaksinasi Rabies Se-Provinsi Bali, Tim Penanggulangan Rabies Provinsi Bali serta LSM terkait.



Kegiatan vaksinasi massal Rabies dilaksanakan diseluruh wilayah Kabupaten/Kota di Provinsi Bali. Kegiatan vaksinasi massal rabies pada tahun 2019 merupakan kegiatan yang telah memasuki tahap kesepuluh, dimana vakinasi masal Rabies akan dimulai pada tanggal 18 Maret 2019 dan pelaksanaanya hingga bulan April 2019. 



Pada kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI menyampaikan apresiasi kepada petugas vaksinasi dan Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota atas pencapaian program pemberantasan rabies di Bali pada tahun sebelumnya. Kepada para petugas vaksinasi dan petugas Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota disampaikan pula tentang kunci sukses pemberantasan rabies, yaitu Komitmen; Tujuan yang jelas; Pendekatan yang tepat; Landasan teknis yang kuat; Aksi bersama; dan Tidak menyerah ketika ada masalah. Lebih lanjut ditegaskan, semua kunci sukses tersebut harus dilaksanakan oleh para petugas, sehingga BALI BEBAS RABIES menjadi target dan tujuan yang jelas dan dapat dicapai bersama.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali menekankan, pentingnya pelaksanaan vaksinasi yang menyeluruh dan menarget semua anjing di semua desa di Bali, khususnya di desa-desa yang masih ada kasus positif. Juga diminta agar semua petugas untuk menjadikan pencanangan vaksinasi massal rabies tahun 2019 sebagai titik awal pelaksanaan vaksinasi rabies di seluruh wilayah Provinsi Bali. Untuk itu Ia pun minta agar komitmen, disiplin, serta kejujuran petugas dalam pelaksanaan tugas dipertahankan dan ditingkatkan. Tidak lupa juga menyampaikan penghargaan kepada Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan atas pendampingan yang selalu diberikan dalam program pemberantasan rabies di provinsi Bali.



Untuk mempertegas dan menyatakan kesiapan Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Provinsi Bali dalam pelaksanaan vaksinasi Rabies tahun 2019, maka dilaksanakan penandatanganan Pakta Integritas yang disaksikan dan ditandatangani oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali dan Kepala Dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali.