Bimtek Peningkatan SDM Gugus Kendali Mutu UPT Laboratorium Kesehatan Hewan tahun 2017

Rabu, 02 Agustus 2017

UPT. Laboratorium Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali merupakan salah satu organisasi pelayanan masyarakat dalam bidang pengujian veteriner, yang beralamat di Jl. Gurita No. 6 Sesetan, Denpasar Selatan. Untuk meningkatkan kemampuan personil dan meningkatkan pelayanan laboratorium yang lebih baik sehingga dapat mempertahankan eksistensi Laboratorium sebagai Laboratorium Pengujian yang berbasis Veteriner, UPT Lab. Keswan melaksanakan Bimbingan Teknis/Pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM Gugus Kendali Mutu pada tanggal 24 sampai 26 Juli 2017.

Bimbingan teknis yang dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali, Ir. I Putu Sumantra, M. App. Sc tersebut diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan staff (struktural, fungsional dan kontrak) UPT. Laboratorium Kesehatan Hewan. Materi pelatihan dibawakan oleh 2 orang narasumber yang berkompeten dalam Sistem Manajemen Mutu Laboratorium SNI ISO/IEC 17025 : 2008, yaitu:

1.    DR. Drh. Tati Ariyanti, MP (Bbalitvet – Bogor) yang membawakan materi: Review Pemahaman Persyaratan Manajemen SNI/IEC 17025 : 2008 Tentang Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian, Verifikasi dan Validasi Metode Pengujian, Ketertelusuran Pengukuran, dan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran.

2.    Drh. Ida Lestari Soedijar, M.Sc (Assesor KAN) yang membawakan materi: Teknik Sampling, Audit Internal, Praktek Audit Internal, Kaji Ulang Manajemen, dan Pengecekan Antara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali menyampaikan bahwa UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali sebagai salah satu organisasi pelayanan masyarakat telah mendapatkan Akreditasi (Penjaminan Kompetensi Laboratorium Penguji) SNI ISO/IEC 17025:2008 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sejak tanggal 28 Juli 2016. Pada tanggal 23 Maret 2017 UPT Laboratorium Kesehatan Hewan telah di assessment kembali dan telah dinyatakan masih memenuhi persyaratan sebagai Laboratorium Penguji terakreditasi oleh KAN. Dengan status akreditasi tersebut UPT Laboratorium Kesehatan Hewan juga sudah dapat melakukan pemungutan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejak Februari 2017.

Tidak terpaku pada status akreditasi yang masih dapat dipertahankan tetapi peningkatan kemampuan dan pengetahuan SDM harus tetap ditingkatkan. Meningkatkan kompetensi penguji, menambah ruang lingkup pengujian dan meningkatkan eksistensi keberadaan UPT Laboratorium Kesehatan Hewan merupakan manfaat yang akan diperoleh nantinya.

Hal ini sejalan dengan laporan Ketua Panitia Bimbingan Teknis/Pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM Gugus Kendali Mutu, drh. Ni Made Sukerni yang juga selaku Kepala UPT. Laboratorium Kesehatan Hewan yaitu tujuan dilaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Gugus Kendali Mutu SNI ISO/IEC 17025:2008 ini adalah untuk:

1.    Meningkatkan kompetensi dan mutu, efisiensi, efektifitas dan produktifitas SDM dan organisasi.

2.  Mereview pemahaman persyaratan manajemen dan teknis SNI ISO/IEC 17025:2008 tentang persyaratan umum kompetensi laboratorium penguji, Verifikasi dan validasi metode pengujian, Ketertelusuran pengukuran, Estimasi ketidakpastian pengukuran, Teknik sampling, Audit Internal & Praktek, Kaji Ulang Manajemen dan Pengecekan antara.